Sabtu, 26 Maret 2011

Fungsi Tomat

Tomat yang dalam bahasa perancis di sebut Pomme D'amour (Apel Cinta). Menurut hasil penelitian yng di lakukan oleh DR.Jhon Cook Bannet dari Whiloughby University,Ohio. beliau meneliti Tomat pada november 1834, dan merupakan orang yang pertama meniliti tentang Tomat. dari hasil penelitian tersebut ternyata Tomat menunjukan bahwa Tomat dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi hati.

Menurut hasil British Society for Investigative Dermatology yang merupakan gabungan dari Universitas Manchester dan Newcastle menemukan bahwa mengonsumsi lima endok makan saus tomat per hari bisa membantu memperbaiki kulit dan melindunginya dari efek sinar ultraviolet. Hasilnya ternyata, tomat ampuh mencegah penuaan ini,bahkan pada pasien penyakit kanker.

Hal itu di karenakan Tomat memiliki banyak kandungan gizi yang cukup, di antaranya vitamin A,C dan K. selain itu Tomat juga memiliki kandungan kalium, mangan, agnesium, niasin dan zat besi, serta beberapa vitamin B kompleks dan vitamin E. yamg befungsi sebagai antioksidan kuat yang menghambat kerusakan sel – sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

Anti oksidan pada tomat juga dapat memberikan perlindungan kulit dari efek negatif sinar matahari. Awalnya para peneliti memberikan sekitar 55 gram saus tomat standar kepada 10 responden. Dalam saus tomat itu banyak sekali kandungan tomat asli. Selain itu, para responden juga diberi 10 gram minyak zaitun per hari. Untuk uji coba lainnya,mereka hanya diberi minyak zaitun. Setelah dilakukan percobaan tiga bulan, kulit dari responden yang mengonsumsi saus tomat menunjukkan 33% lebih terlindungi dari terbakar sinar matahari. Ini setara khasiat dari krim sinar matahari dan prokolagen level tinggi. Prokolagen merupakan molekul yang memberi kulit nutrisi dan menjaganya tetap kencang. Uji coba tersebut juga menggunakan sinar lampu ultraviolet.

Diet menggunakan tomat bisa meningkatkan level prokolagen dalam kulit secara signifikan. Ini bisa meningkatkan level perbaikan kembali kulit yang telah mengalami penuaan," papar Ketua Tim Peneliti Profesor Lesley Rhodes, seorang ahli dermatologi pada Universitas Manchester. Menurutnya, tingkat takaran tomat yang diberikan kepada responden tidaklah terlalu besar. Meski kuantitasnya kecil,ternyata mampu memberikan manfaat cukup signifikan.

Tomat juga mengandung lycopen yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan Melwan sel – sel kanker.
Tomat juga mengandung homosistein yang berfungsi untuk menurunkan batu empedu dan penumpukan hati.
Sebagai antiseptik alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah resiko penyakit jantung.
Vitamin K pada Tomat dapat membantu mencegah pendarahan.
Vitamin A pada Tomat dapat mencerahkan fungsi mata.

berikut ini adalah manfaat – manfaat dari tanaman Tomat :
1. Tomat sebagai alat pembersih darah yang baik.
2. Sebagai anti oksidan.
3. Mengobati penyakit radang usus.
4. Mencegah penyakit kanker payudara dan kanker serviks jadi sangat cocok untuk para wanita mengkonsumsi Tomat.
5. Tomat dapat menghilangkan keriput dalam wajah.
6. Untuk sistem imun dalam tubuh kita.
7. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
8. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
9. Mengatasi kegemukan.
10. Membantu menyembuhkan luka dan jerawat.

Tidak ada komentar: